Tuesday, October 6, 2009

Smart Daily Inspiration


Preman
Selasa 6 Oktober
By Sammy Palit

1 Tesalonika 5:14 Kami juga menasihati kamu, saudara-saudara, tegorlah mereka yang hidup dengan tidak tertib, hiburlah mereka yang tawar hati, belalah mereka yang lemah, sabarlah terhadap semua orang.

Preman berasal dari kata free man, manusia bebas. Namun dalam konotasi yang buruk, karna kebebasan yang dimaksud adalah kebebasan yang bersifat pemberontakan. Artinya, seseorang yang disebut atau dicap sebagai preman adalah seseorang yang tidak mau diatur, hidup semau gue dan anti ketertiban. Dari tidak tertib hukum, tidak tertib emosional sampai tidak tertib karakter bercampur di dalamnya.
Di dalam gereja yang namanya preman juga ada, yaitu preman rohani. Orang-orang kristen yang anti ketertiban. Tidak tertib iman, tidak tertib ibadah dan tidak tertib pelayanan. Artinya iman, ibadah dan pelayanannya harus sesuai dengan seleranya bila tidak, dengan mudah semuanya ia tinggalkan begitu saja. Atau semuanya bergantung kepada perasaannya, bila lagi baik yah semua berjalan dengan baik, tapi kalu lagi dongkol, jengkel atau marah yah semuanyapun berantakan.
Didalam Alkitab tipe seperti ini dapat kita lihat dalam kehidupan Yunus. Tuhan mau ia pergi ke Niniwe, malah pergi ke Tarsis. Lalu, selama ia melayani di Niniwe, banyak sekali yang ia tuntut. Memang pelayanannya berhasil, semua orang di kota itu bertobat, mungkin karna itu ia menjadi sombong dan angkuh. Maka timbulah sifat premannya.

By Sammy Palit

No comments:

Post a Comment