Tuesday, September 15, 2009

Akhir dari Evolusi Uang: Yang Tunai Akan Disingkirkan

Menurut Henry Mundt, wakil presiden eksekutif MasterCard untuk akses global, chip yang sekarang kita letakkan pada kartu itu akan menjadi dasar bagi kenyamanan pengguna akses rekening leuangan jarak jauh, kapanpun dan dimanapun. Teknologi dan keuangan telah menyatu dan jadi sama. William Niskanen, ketua lembaga CATO, washiington, menyebutkan "perbedaan antara software dengan uang tidak kelihatan."

Bagaimanapun, uang kertas merupakan barang yang menakjubkan. Uang, misalnya, dapat dipindahkan dengan mudah, diterima secara luas. Tetapi uang kertas mempunyai beberapa segi buruk yang merugikan. Bila uang anda hilang, maka uang itu akan hilang selamanya.; Jika disimpan, nilainya mungkin berkurang dengan sangat cepat, seperti apa yang telah terjadi di Asia atau yang baru saja terjadi di Amerika Selatan.

Kita mulai memasuki penggunaan uang elektronik ( elektronik cash ). Dasar dari uang digital cukup sederhana. Menggantikan nilai yang tersimpan dalam kertas dengan meletakkannya kedalam sederetan angka yang lebih dapat dibawa dan ( yang sangat penting ) lebih canggih jika dibandingkan dengan uang kertas. Uang yang pintar? ya. Karena uang tunai digital (digital cash) tak henti-hentinya berubah, anda dapat mengawasinya lebih tepat daripada uang kertas. Coba pikirkan tentang cek sejumlah 2.000 dollar yang anda kirimkan ke anak anda. Bagaimana uang itu benar-benar dibelanjakan? Buku atau Bir? Penggunaan uang elektronik hanya membutuhkan transaksi yang sangat mudah - mengalihkan pengeluaran - dan menjadikannya sebuah proses yang sangat pintar. Dan proses ini hampir tidak memerlukan sesuatu yang kuno seperti bank.

Pada awalnya, Anda dapat mengirim uang melalui internet dengan Email daripada melalui cek. Andak anda dapat membelanjakan uang sesukanya, pada laptopnya, dengan sebuah kartu debit, bahkan ( dalam jangka waktu dekat ) pada sebuah ship yang ditanamakan pada kulitnya. Dan anda dapat memprogram uang tersebut agar dapat dibelanjakan hanya untuk hal-hal tertentu. Anda dapat memprogram sejumlah uang untuk digunakan membeli buku dan untuk makan. Canggih, uang digital dapat memecahkan masalah yang dimiliki uang kertas.

Menurut Howard Greenspan, presiden dari perusahaan konsultasi manajemen Heraciltus Corp di Toronto, "Dalam kota elektronik, langkah akhir dari evolusi uang telah diambil. Uang dikeluarkan dari peredaran. Uang ditiadakan."

Mungkin saja uang dalam sistem komputer, dengan segalanya yang menarik , masih sulit untuk dapat diterima pada saat ini. Sebab fakta menunjukkan, "Antara 40-50 % transaksi-transaksi pada hari ini masih menggunakan uang tunai dan cek,"kata steve Cone, eksekutif di fidelity Investments. Dan ada banyak orang yang masih menyukai uang yang dapat digunakan langsung. Tapi, menurut mereka yang mengagungkan uang digital, satu keuntungan besar dari penggunaan uang digital adalah kemampuannya untuk mengurangi tingkat kejahatan.

Raymond/Time - Majalah Warning Edisi perdana

No comments:

Post a Comment