Tuesday, September 15, 2009

Kejarlah Ilmu

Menara21.com, Di sebuah rumah besar, hiduplah tiga ekor binatang, yaitu tikus, kucing dan anjing. Jika tikus akan keluar untuk mencari makan, dia akan mendengarkan suara sang kucing, jika tidak terdengar suara kucing maka dia akan keluar dari lubang persembunyiannya untuk mencari makan.

Demikian pula dengan sang kucing, jika tidak terdengar suara anjing maka dia akan keluar untuk mencari makan. Setelah lama berjalan, sang tikus senang karena sudah lama dia tidak mendengar suara kucing, dengan bebasnya dia mencari makan dan berjalan-jalan di pagi hari karena kata orang, jalan pagi baik buat kesehatan.

Pada suatu hari, dia akan keluar dari lubang persembunyiannya, dia mendengar suara anjing, dengan santainya sang tikus keluar untuk mencari makan, tetapi ketika dia keluar, tiba-tiba hap, lehernya sudah ada yang gigit, dengan kesakitan sang tikus memutar kepalanya, alangkah terkejutnya sang tikus karena yang menggigitnya adalah sang kucing, dengan ketakutan sang tikus berkata, "Wahai sang kucing, kenapa engkau bersuara anjing sehingga aku tidak menyangka bahwa yang datang adalah engkau, sang kucing ?"
Jawab sang kucing, "Benar sekali sang tikus, habis engkau terlalu berhati-hati sekali, sehingga sudah lama aku ingin menikmati engkau tetapi tidak kesampaian, sehingga aku keluar rumah dan belajar untuk mendapatkan ilmu menggonggong, sehingga engkau menyangka aku adalah sang anjing." Maka dengan nikmatnya sang kucing memakan sang tikus.

Intinya adalah jika kita mau belajar mendapatkan ilmu yang bisa membantu kita mendapatkan apa yang menjadi impian kita, jika kegagalan demi kegagalan menerpa kita, ingatlah kesuksesan kita tinggal selangkah lagi.
Ada pepatah "Kejarlah ilmu sampai ke negeri Cina"

No comments:

Post a Comment