Tuesday, September 15, 2009

Fenomena 'gambar Yesus' kembali muncul di Jalan Kramat VI

Selasa, 16/1/2001, 00:54 WIB

Laporan Kleofas Klewen

satunet.com - Selasa dinihari ini, ribuan warga masih memadati Jalan Kramat V, Jakarta Pusat, setelah beredar berita tentang berulangnya fenomena penampakan 'wajah Yesus' di rumah berbeda dari yang sebelumnya terjadi pekan lalu.

Kepadatan warga yang sebagian mengaku datang langsung dari Bogor dan Bekasi itu menyusul informasi yang dengan cepat beredar bahwa di tembok rumah nomor 12 di Jalan Kramat VI tersebut, kembali muncul guratan gambar wajah yang kemudian 'dikenali' sebagai Yesus Kristus atau Nabi Isa.

Meski rumah tersebut beralamat Jalan Kramat VI Nomor 12, penampakan 'gambar wajah' terjadi di tembok bagian belakang rumah yang menghadap Jalan Kramat V, sehingga massa lebih memadati Jalan Kramat V.

Menurut sejumlah warga setempat, penampakan gambar tersebut berawal dari seorang bocah bernama Yongki yang tengah melintas sekitar pukul 18:00 wib. Tiba-tiba, di tembok bagian belakang rumah nomor 12, Yongki melihat muncul guratan-guratan garis berwarna kehitam-hitaman.

Belakangan, garis-garis hitam tersebut kemudian diartikan sebagai 'wajah Yesus, yang tengah merunduk ke arah kanan'. Guratan hitam itu sendiri berukuran diameter sekitar 40 cm, berada di tembok pada ketinggian sekitar 5,0 meter dari permukaan tanah.

Kendati berada di ketinggian tersebut, gambar 'wajah' itu baru mulai tampak dari jarak sekitar 10 meter mendekati tembok, Meski dengan bentuk-bentuknya yang abstrak tidak beraturan, sebagian yang berada di sekitar tempat itu yakin telah melihat bagian 'mata, hidung, dan rambut Yesus dengan posisi wajah menunduk'.

Hingga Selasa dinihari pukul 00:50 wib, kepadatan massa pengunjung membuat Jalan Kramat VI masih tidak bisa dimasuki kendaraan bermotor, sekalipun sepeda motor, baik dari arah Jalan Kramat Raya maupun dari jalan terusan pinggir kali Ciliwung dari arah Jalan Raden Saleh.

Tembok yang masih merupakan lapisan semen tanpa dicat dan berada di dekat bak sampah di bagian belakang rumah tersebut juga masih susah didekati karena banyaknya orang yang berusaha melihat sedekat mungkin.

Beberapa orang bahkan tampak berdoa dengan khusyuk, sebagian lagi ada yang histeris atau mengucap doa sambil terisak-isak di depan atau sedekat mungkin dengan tembok tersebut.

Tidak semua mereka yang berada di lokasi lalu berdoa, sebagian ebsar sekedar penasaran untuk mencari tahu. Malah, sebagian lagi meragukan soal kebenaran penampakan 'wajah Yesus' itu.

Beberapa hari belakangan ini, mereka yang berkunjung ke kawasan itu juga akan mendengar 'pengakuan-pengakuan' warga sekitar, yang menuturkan adanya kegaiban-kegaiban lain yang terjadi setelah lebih sepekan terakhir ini, massa ramai memadati Jalan Kramat V sehubungan dengan kemunculan 'gambar wajah Yesus' di rumah keluarga Ajun Suherman. (yMo)



Rabu, 17/1/2001, 01:30 WIB
Gambar 'Yesus' pindah ke rumah keluarga Subagyo
Laporan Novi Nuryanti

satunet.com – Gambar yang oleh sebagian orang diyakini menyerupai wajah ‘Yesus’, setelah sebelumnya muncul di tembok kamar keluarja Ajun Suherman, kini berpindah di tembok belakang rumah Subagyo.

Lokasi rumah Subagyo, sekitar 200 meter dari rumah Ajun, yang beralamat di Jl Kramat V/24, Jakpus. Hanya saja, alamat rumah Subagyo masuk ke Kramat VI.

Rabu dini hari ini, di sepanjang Kramat V penuh dengan masyarakat yang ingin menyaksikan gambar tersebut. Suasananya mirip pasar, karena banyak pedagang makanan kaki lima.

Begitu banyaknya masyarakat yang ingin melihat, bahkan hingga dini hari, lalu lintas sepanjang Jl Kramat Raya menjadi tersendat, karena utamanya seluruh jalur lambat dan sebagian jalur cepat dari arah Kampung Melayu ke Senen, digunakan untuk parkir mobil.

Menurut beberapa orang yang ditemuai, gambar yang menyerupai wajah ‘Yesus’ muncul sejak Senin sekitar pukul 10:00 WIB. Sedangkan yang dirumah Ajun muncul sejak 2 Januari.[anr]

No comments:

Post a Comment