Tuesday, September 15, 2009

BBC rekonstruksi wajah Yesus

Rabu, 28/3/2001, 10:31 WIB
Laporan Novi Nuryanti

satunet.com - BBC mengumumkan telah melakukan rekonstruksi wajah Yesus Kristus, menggunakan riset historis dan teknologi komputer, guna membuat serial dokumenter senilai 4,3 juta dolar AS.

Gambar tersebut diungkapkan kemarin dan berbeda dengan apa yang dikenal selama ini, Yesus dengan mata biru dan rambut panjang.

Disebutkan bahwa gambar hasil rekonstruksi ini adalah yang paling mirip dengan kenyataan yang ada. Gambar ini dihasilkan berdasarkan rekonstruksi dari tengkorak seorang Yahudi abad pertama oleh Richard Neave, ilmuwan forensik dari Universitas Manchester, dengan bantuan komputer grafis yang digunakan dalam Walking With Dinosaurs.

Selain itu para ilmuwan juga menggunakan bukti-bukti dari sinagog abad kedua di Suriah yang menunjukkan bahwa orang Yahudi saat itu bertumbuh pendek, rambut jarang, serta bercambang.

Jean Claude Bragard, direktur serial itu mengatakan dalam surat kepada orang-orang Korintus, Paulus menyebutkan adalah tidak terhormat bagi pria berambut panjang. "Paulus mengetahui orang-orang yang mengenal Yesus sehingga tidak mengatakan Yesus memiliki rambut panjang. Kami tidak mengatakan ini wajah Yesus, tapi inilah gambar yang mirip dengan diriNya, dipandang dari segi ilmiah."

Serial tiga bagian itu dibuat oleh Jeremy Bowen dan mulai ditayangkan di British TV hari Minggu dan merupakan bagian dari serial keagamaan BBC1.

Bragard mengatakan serial ini tidak bermaksud mempertentangkan keaslian keajaiban yang meliputi kehidupan Yesus. Tujuan adalah untuk mencari penjelasan lain termasuk fenomena kebangkitan Yesus. Serial ini memasukkan juga bukti bahwa 'kolam penyembuhan' ditemukan di Bethesda, tempat Yesus menyembuhkan orang sakit.

Bowen mengatakan serial ini diyakini akan mengusik pandangan orang percaya dan tidak percaya terhadap Yesus. "Kami menghormati kepercayaan seseorang, tapi kami juga yakin mereka akan mendapatkan sesuatu untuk dipertimbangkan."[cpm]

No comments:

Post a Comment